1. Latar Belakang Pendirian

SMA Negeri 1 Pakem bermula dari pengembangan Universitas Gajah Mada (UGM). UGM memiliki beberapa fakultas, salah satunya adalah Fakultas Paedogogik (Fakultas Ilmu Pendidikan / FIP) UGM. Fakultas Paedagogik kemudian memisahkan diri dari UGM menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Yogyakarta yang terletak di Karangmalang, Yogyakarta. IKIP Negeri Yogyakarta saat ini berubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Fakultas Paedogogik (FIP) memerlukan tempat untuk penelitian, eksperimen, dan tempat untuk pelatihan mengajar. Berdasarkan hal tersebut Fakultas Paedagogik (FIP) mendirikan beberapa sekolah. Salah satu yang didirikan yaitu SMA Paedogogik (FIP) yang kemudian berubah nama menjadi SMA IKIP 3 Yogyakarta. SMA IKIP 3 Yogyakarta dalam perjalanannya berubah lagi menjadi SMA Negeri 1 Pakem.

Pada tahun 1964, beberapa tokoh masyarakat berinisiatif untuk mendirikan sekolah setingkat SMA yang bertujuan untuk menampung kelanjutan belajar siswa di Pakem. Beberapa tokoh masyarakat yang merupakan pengelola SD FIP IKIP dan SMP FIP IKIP mengusulkan pendirian SMA kepada Balai Penelitian Pendidikan FIP IKIP Negeri Yogyakarta. Pendirian SMA dapat dilakukan dengan syarat pemerintah setempat bersedia menyiapkan lahan, fasilitas gedung sekolah, dan berbagai kelengkapannya. Panitia pendirian SMA yang diketuai langsung oleh Bapak Lurah Pakembinangun dan dibantu oleh masyarakat mampu untuk menyiapkan kelengkapan pendirian SMA. Pada waktu yang bersamaan, FIP IKIP Negeri Yogyakarta menyusun formasi guru dan Pejabat Kepala Sekolah yang didampingi oleh suatu Prosidium. Pada rapat pendirian SMA tanggal 13 Agustus 1964, panitia menyerahkan segala sarana prasarana dan perlengkapannya kepada FIP IKIP Negeri Yogyakarta yang dipimpin oleh Rektor dan jajarannya. Berdasarkan peristiwa tersebut, tanggal 13 Agustus 1964 ditetapkan sebagai Hari Lahir SMA III FIP IKIP Yogyakarta.

Pada tahun pertama, SMA III FIP IKIP Yogyakarta menampung siswa kelas I sebanyak 2 kelas. Pada tahun kedua, institusi ini mampu menampung empat kelas yaitu kelas I dan kelas II. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada sore hari dengan menggunakan gedung SMP III FIP IKIP Yogyakarta di Tegalsari Jl. Kaliurang KM. 17,5 Pakem (Gedung SMA Negeri 1 Pakem yang sekarang ini).

Pada tahun berikutnya, peristiwa G30S/PKI menyebabkan kegiatan belajar mengajar di Pakem terganggu. Hal tersebut membuat para pemuka masyarakat dan tokoh pendidikan berusaha untuk menyelamatkan kegiatan belajar mengajar dengan menyelenggarakan rapat kilat pada tanggal 28 Oktober 1965 antara Balai Penelitian Pendidikan IKIP dengan pihak sekolah. Berdasarkan rapat tersebut, formasi guru dan kepala sekolah dapat tersusun sebagai bentuk penyelamatan kelangsungan kegiatan belajar mengajar.

Sejarah telah mencatat bahwa sejak tahun 1971 s.d 1986 sekolah ini berfungsi sebagai eksperimen inovasi pendidikan di Indonesia. Eksperimentasi yang pernah dilakukan di sekolah ini antara lain:

  1. Sekolah Percobaan.

Sekolah percobaan merupakan sekolah yang berjenjang 4 tahun, dimulai dari kelas IX sampai dengan kelas XII. Sekolah ini menggunakan pola jurusan streem yang terdiri atas 3 penjurusan mulai kelas X, yakni:

  • Streem Akademis, untuk siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi;
  • Streem pertanian, untuk siswa yang akan bekerja atau melanjutkan ke akademi pertanian, dan
  • Streem Tata Niaga, untuk siswa yang akan bekerja atau melanjutkan ke akademi.
  1. Sekolah Laboratorium

Pada tahun 1974 s.d 1986, sekolah ini merupakan salah satu dari 8 sekolah laboratorium yang tersebar di Indonesia. Sekolah laboratorium tersebut tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Ujung Pandang, dan Padang. SMA ini telah berperan dalam pelaksanaan eksperimen pendidikan nasional yang multidimensional. Salah satu pelaksanaannya berupa penggunan modul sebagai media pembelajaran.

2. Perubahan Nama SMA Negeri 1 Pakem

Proses perubahan nama SMA Negeri 1 Pakem yaitu:

  • Tahun 1964 s.d 1965: SMA III FIP IKIP Yogyakarta
  • Tahun 1966 s.d 1970: SMA III IKIP yogyakarta
  • Tahun 1971 s.d 1972: SMA Percobaan III IKIP Yogyakarta
  • Tahun 1973 s.d 1974: Sekolah Menengah Pembangunan IKIP Yogyakarta
  • Tahun 1975 s.d 1986: SMA Negeri III IKIP Yogyakarta
  • Tahun 1987 s.d 1995: SMA Negeri Pakem, Sleman, yogyakartga
  • Tahun 1996 s.d 2003: SMU Negeri 1 Pakem, Sleman, Yogyakarta
  • Tahun 2004 s.d sekarang: SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Yogyakarta