Sistematika Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Pakem

1.Waktu Pelaksanaan

a. Penambahan Nilai Prestasi Non Akademik & SKTM : 19 – 22 & 29 – 30 Juni 2017 (08.00 – 16.00 WIB)

b. Verifikasi Berkas : 29 – 30 Juni & 1 – 6 Juli 2017 (08.00 – 14.00 WIB)

c. Aktifasi Akun, Pendaftaran dan Seleksi Online : 5 – 7 Juli 2017 (08.00 – 14.00 WIB)

d. Pengumuman Hasil Seleksi : 8 Juli 2017 (08.00 WIB)

e. Daftar Ulang : 8, 10 dan 11 Juli 2017 (08.00 – 14.00 WIB

2.Persyaratan Calon Peserta Didik Baru

a. Memiliki Ijazah/STTB SMP, memiliki SHUN/SKHUN SMP, dan berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada tanggal 27 Juli 2017 dan belum menikah

b. Persyaratan administrasi :

# Mengisi formulir pendaftaran

# Menyerahkan SHUN atau SKHUN atau SKYBS asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir

# Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya

# Menyerahkan fotokopi KTP orang tua dan kartu keluarga (C1) dengan menunjukkan aslinya

# Calon peserta didik dari keluarga miskin menyerahkan bukti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Dikpora DIY

(Setelah itu calon peserta didik akan mendapatkan token/pin untuk segera melakukan Aktivasi Akun peserta dan digunakan untuk mendaftar di laman pendaftaran online https://diy.siap-ppdb.com atau ppdb.jogjaprov.go.id)

Aktifasi Token/Pin bisa dilakukan sejak tanggal 29 Juni 2017.

Calon Peserta Didik dalam daerah mendaftar langsung ke salah satu lokasi sekolah pilihan sedang kan Calon Peserta Didik dari luar daerah mendaftar di Balaidikmen Kab. Sleman yang berlokasi di Youth Centre.

Calon Peserta Didik memiliki kesempatan untuk memilih 3 pilihan sekolah dalam satu kabupaten yang sama, pilihan pertama tidak bisa dirubah, sedangkan pilihan kedua dan ketiga bisa dirubah sampai hari ke-2 proses seleksi (tgl 5 dan 6 Juli 2017).

3.Setelah Diterima

Bagi calon peserta didik yang diterima wajib mengikuti tes pemetaan yang diadakan di SMAN 1 Pakem yang meliputi Tes Psikologi serta Pemetaan Agama dan Ketertiban yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juli 2017 pukul 08.00 WIB sampai selesai.

4.Rombongan Belajar dan Program Peminatan

# Jumlah rombongan belajar kelas X sebanyak 5 kelas dengan daya tampung 32 peserta didik di tiap rombelnya.

# Program peminatan yang digunakan adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 3 rombel dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 2 rombel dengan menerapkan Kurikulum 2013.

# Program peminatan di SMAN 1 Pakem dilaksanakan dengan memperhatikan minat peserta didik, nilai raport SMP, nilai SHUN, rekomendasi guru BK, hasil tes penempatan (placement test), tes psikologi dan kuota sekolah.

5.Hari Awal Masuk Sekolah

# Hari pertama masuk sekolah pada hari Senin tanggal 17 Juli 2017

# Hari awal masuk sekolah (3 hari) digunakan untuk kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS)

6.Ekstrakurikuler

Ada dua kegiatan ekstrakulikuler yaitu wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah Bahasa Inggris, Tonti dan Pramuka, sedangkan ekstrakulikuler pilihan diantaranya Beladiri, Basket, Jurnalistik, Debat, Karawitan, Keroncong, Paduan suara, Robotik, Fotografi, Desain grafis, dan Seni tari.

 

Alur PPDB SMA Online bisa dilihat di sini.

Brosur PPDB SMAN 1 Pakem bisa dilihat di sini.